Minggu, 23 Oktober 2011

JVC Gambar Gelap, OSD dan Suara Normal

TV ini datang dengan gejala : Gambar gelap tetapi OSD (On Screen Display) dan Suara Normal. Jika anda pernah mengalami, ini persis seperti kerusakan yang sering terjadi pada TV Sony Chasis BG-2S yang disebabkan resistor pada ABL terbuka.
Tetapi meskipun gejala nya terlihat sama, tetapi penyebabnya benar-benar berbeda.
Semula kami juga mengira bahwa kerusakan pasti berada pada wilayah ABL, tetapi setalah dilakukan pengukuran baik pada tegangan maupun komponen pendukungnya ternyata tidak ditemukan masalah pada wilayah ABL ini.
Kemudian kami lakukan pengukuran tegangan pada setiap pin pada IC201 (TB1226EN) dan kami bandingkan dengan tegangan referensi pada lembar data IC TB1226EN, akhirnya ditemukan bahwa pada pin No.21 (YS) terdapat lonjakan tegangan hingga 2 volt dari yang seharusnya sebesar 0.3 - 0.5 volt.
Dimana Pin No.21 dari TB1226EN ini berfungsi sebagai control switch (pencampur?) antara sinyal RGB OSD (digital) dari Micom dan sinyal RGB dari croma jungle (analog), berdasarkan manual pengoperasian nya, jika Pin No.21 ini diberi tegangan sebesar 2 volt, maka swith secara penuh tersambung ke sinyal RGB OSD, dan jika tegangannya diturunkan hingga 0 volt, maka switch sepenuhnya tersambung ke sinyal RGB dari croma.
Sehingga saat Pin No.21 kami hubung-singkat ke ground (di-nol kan), maka gambar tampak tetapi OSD meghilang, sebaliknya saat hubung-singkat ke ground kami lepas, OSD kembali tampak tetapi gambar kembali gelap.
Selanjutnya kami melakukan penelusuran untuk menemukan apa penyebab dari tegangan Pin No.21 TB1226EN naik hingga 2 volt dari yang seharusnya 0.3 - 0.5 volt, dan kami temukan bahwa pin control dari IC Micom dengan nomor M37212M8-050SP lah penyebabnya, karena pin ini (pin No.49) mengeluarkan tegangan hingga 6 volt dari yang seharusnya 0.3 - 0.5 volt, sehingga kami berkesimpulan bahwa IC Micom mengalami kerusakan.
Tetapi, sebelum kami memutuskan untuk benar-benar mengganti IC Micom nya, kami coba untuk memeriksa setiap item dari menu service nya barangkali terdapat setting parameter nya yang salah, dan seperti biasanya sebelum kami mengubah nya, kami lakukan backup data eeprom nya terlebih untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan sehingga mudah untuk mengembalikan pada kondisi semula, dan juga untuk keperluan berbagi data eeprom barang kali rekan-rekan teknisi member beteve.com ada yang membutuhkannya.
Setelah data eepromnya selesai kami backup, kemudian kami membuka menu service nya, dimana TV ini mengunakan JVC Kode Key-1 untuk membukanya, yaitu dengan cara menekan dan menahan tombol DISPLAY pada remote diikuti menekan tombol PICTURE MODE pada remote juga, tetapi alangkah terkejutnya kami, ternyata saat kami menekan tombol DISPLAY, gambar langsung muncul secara normal.
Untuk memastikan apakah benar karena kami menekan tombol DISPLAY kemudian TV menjadi normal atau kah karena sebab lainnya, kami coba menulis ulang (rewrite) data eeprom yang telah kami backup sebelumnya dan memasangkan kembali ke chasis, dan ternyata dengan data hasil backup-an sebelumnya TV kembali ke kondisi semula, yaitu gambar gelap tetapi OSD dan suara nya normal, kemudian saat kami menekan tombol DISPLAY, gambar langsung muncul dengan normal.
Kami kemudian membandingkan data dari eeprom saat kondisi gambar gelap dan saat kondisi normal, dan diketahui bahwa terdapat perbedaan data pada offset 00h dimana dalam kondisi normal offset 00h berisi data 21h, tetapi saat kondisi gambar gelap, offset 00h terisi data 31h.


Sehingga kesimpulanya adalah kerusakan dengan gejala gambar gelap tetapi OSD dan suara normal pada JVC model AV-K14T2 ini ( dan tentunya juga berlaku untuk model lain berdasarkan chasis yang sama ) disebabkan oleh data eeprom yang mengalami cacat, dan bukan disebabkan oleh IC Micom, IC Croma atau ABL bermasalah, suatu kebetulan yang tidak terduga.
File eeprom dan Skematik Televisi ini tersedia pada menu download

3 komentar: