Minggu, 23 Oktober 2011

Bel Pintu Berlagu

Meskipun kita tidak suka menjadikan suatu kebiasaan, kembali ke rancangan lama ketika tersedia komponen baru terkadang sangat bermanfaat. Dan dalam kasus ini adalah bel pintu dengan memperkenalkan IC baru, atau kuartet IC, seri UM 3481/82/83/84.
Seperti bisa di duga, bagian pokok dari rangkaian ini termuat di dalam IC: osilator, pembagi frekuensi, ROM, penggerak, sebuah ROM dengan 512 nada musik, pembangkit nada, pembangkit irama, pembangkit timbre, modulator, pengatur run off, serta penguat depan.
Selain itu, rangkaian juga meliputi sebuah catu daya di lengkapi regulator tegangan, sebuah penguat push-pull untuk menggerakkan pengeras suara, serta sejumlah komponen yang berhubungan dengannya.
Resistor R1, R2 dan potensiometer P2, serta kondensator C2 merupakan elemen-elemen penentu frekuensi untuk osilator yang ada di dalam chip IC. Trimpot P2 adalah untuk mengatur kecepatan run-off, yaitu kecepatan lagu dimainkan. Resistor R7 dan kondensator C4 menjamin penampilan optimal dari modulator intern. Resistor R3, trimpot P1, serta kondensator C3 membentuk sebuah pengatur volume yang mengatur penguat depan pada chip IC.
Rangkaian ini dioperasikan melalui S1…S3 dan R4R6. Sakelar S2 merupakan tombol tekan biasa. Apabila Anda ingin memprogram dahulu sebuah melodi tertentu, tombol tekan tambahan harus dihubungkan sejajar dengan S2. Dengan S1 tertutup, semua melodi yang tersimpan dalam ROM akan berbunyi berurutan: ketika dibuka, hanya satu yang terpilih oleh S3 yang akan dimainkan. Melodi tertentu dipilih dengan menutup S1 serta menekan S2 terus menerus, sementara S3 ditekan berulang-ulang sampai melodi yang dikehendaki tercapai.
Sampai sekarang, empat IC dalam satu seri sudah tersedia dan perbedaannya hanya dalam melodi-melodi yang tersimpan. UM 3481 memuat 8 lagu-lagu Natal dan UM 3484 membunyikan denatng Big-ben satu sampai dua belas dalam orde naik. UM 3482 dua belas lagu di antaranya “Frere Jacques, frere Jacques”, Happy birthday to you” serta “Cradle Song”, sedangkan UM 3483 memuat melodi-melodi seperti “The last Rose of Summer”, “The Lorelei”, dan “Wedding March”,

1 komentar: